18/06/2021

BELAJAR TOP

Semua Bisa Ngetop

Tarian Daerah Nusa Tenggara Timur

Tari Atoni Meto / Koleksi Surawan Dibosudarmo

BELAJARTOP.COM – Tarian daerah dari Nusa Tenggara Timur (NTT), provinsi yang dulu sering disebut Sunda Kecil, tercukup banyak dan beraneka ragam.

Nusa Tenggara Timur terdiri dari beberapa pulau yakni Pulau Flores, Sabu, Adonara, Solor, Sumba, Komodo, Alor, Timor, Rote, Lembata dan juga Pulau Palue.

Ada begitu banyak kebudayaan yang dimiliki NTT seperti salah satunya adalah tarian daerah. Beberapa tarian tradisional tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Tarian Atoni Meto

Atoni meto merupakan salah satu dari macam-macam tarian daerah NTT yang menggambarkan para pemuda Suku Dawa yang pintar berburu dengan daun lontar.

Suku Dawan menjadi salah satu suku tertua dan terbesar di Pulau Timor, NTT yakni sebuah kawasan kering dan curah hujan rendah setiap tahunnya namun tetap banyak ditumbuhi dengan pohon silawan.

Tarian ini biasanya dilakukan oleh 4 hingga 6 pasang pria dan wanita mengenakan pakaian adat khas Nusa Tenggara Timur yang sudah dimodifikasi pada beberapa bagian. Daun lontar dijadikan properti utama yakni digunakan sebagai pelengkap pakaian seperti hiasan kepala wanita penari.

Tari Bidu

Tari bidu merupakan tarian daerah NTT khususnya daerah Belu yang biasanya ditampilkan pria dan wanita dengan busana adat.

Ini merupakan tarian tradisional yang cukup terkenal bagi masyarakat Belu yang dulu dikatakan juga sebagai sarana mencari jodoh muda mudi.

Tari Caci

Tari caci merupakan kesenian tradisional jenis tarian perang khas Manggarai di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Tarian dilakukan oleh 2 orang pria yang saling bertarung memakai cambuk dan perisai.

Menurut catatan sejarah, tarian ini berawal dari tradisi masyarakat untuk bertarung ketika ingin menguji keberanian dan ketangkasan yang kemudian berkembang menjadi kesenian. (*)

Dikutip dari koleksi Surawan Dibyosudarmo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
Translate »