18/06/2021

BELAJAR TOP

Semua Bisa Ngetop

Sejarah Keraton-keraton di Indonesia

BELAJARTOP.COM – Sejarah keraton – keraton di Indonesia terukir dalam waktu yang panjang. Indonesia memang sangat kaya dengan aneka kebudayaan dan tradisi.

Secara fisik, kebudayaan itu salah satunya ditunjukkan dengan adanya keraton atau kerajaan di masa lalu tersebut.

Setidaknya, ada 11 keraton di Indonesia yang masih dapat dijumpai di masa sekarang. Berkunjung ke keraton-keraton ini, kita bisa belajar mengenai budaya dan keluhuran nenek moyang masa lalu.

Ini dia beberapa keraton di Indonesia yang masih dapat dijumpai.

Keraton-keraton di Indonesia

1. Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat

Kesultanan Yogyakarta merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Islam yang terpecah menjadi dua, yaitu Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

2. Kadipaten Paku Alaman

Keraton Paku alaman sempat menjadi tempat tinggal resmi para Pangeran Paku Alaman sejak tahun 1813-1950. Keraton ini merupakan sebuah istana kecil apabila dibandingkan dengan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

3. Kasultanan Surakarta Hadiningrat

Surakarta atau Solo memiliki satu keraton yang jadi tempat tinggal atau istana resmi Kasunanan Surakarta, yang nama lengkapnya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Bangunan keraton didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada 1744 sebagai pengganti dari Keraton Kartasura yang hancur akibat geger pecinan di tahun 1743.

4. Kadipaten Mangkunagaran

Kadipaten Mangkunegaran adalah sebuah kesultanan yang pernah berkuasa di wilayah Surakarta sejak 1757-1946. Awal berdirinya keraton ini yaitu pada tanggal 17 Maret 1757. Yaitu saat penandatanganan Perjanjian Salatiga antara Sunan Pakubuwana III dengan Raden Mas Said (bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara I). Penandatanganan dilakukan di Salatiga disaksikan oleh perwakilan Sultan Hamengkubuwana I dan VOC.

5. Kadipaten Sumenep

Kadipaten Sumenep dibangun pada tahun 1781 dan pernah menjadi tempat kediaman resmi para Adipati atau Raja-Raja serta sebagai tempat dalam menjalankan roda pemerintahan.

Adapun kerajaan Sumenep sendiri tergolong sebagai kerajaan kecil (setingkat Kadipaten) kala itu. Hal ini karena wilayah Sumenep masih dikuasai oleh VOC.

Keraton Pusat Belajar

6. Kesultanan Banten

Kasultanan Banten adalah salah satu kerajaan Islam yang terletak di wilayah Banten, Jawa Barat. Kesultanan ini didirikan sekira tahun 1522-1526 pada masa pemerintahan Maulana Hasanuddin yang dikenal sebagai pendirinya.

7. Kasultanan Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman adalah salah satu bangunan dari Kesultanan Cirebon. Keraton Kanoman didirikan oleh Pangeran Mohamad Badridin atau Pangeran Kertawijaya, yang bergelar Sultan Anom I pada sekitar tahun 1678 M.

8. Kadipaten Sumedang Larang

Kerajaan Sumedang Larang adalah salah satu kerajaan Islam yang berlokasi di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kerajaan ini didirikan pada tahun 721 M oleh Prabu Tajimalela, keturunan dari raja Wretikandayun dari Kerajaan Galuh, di wilayah bekas Kerajaan Tembong Agung. Sebelum bernama Sumedang Larang, kerajaan ini bernama Kerajaan Himbar Buana.

9. Kasultanan Kesepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan didirikan tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II (cicit Sunan Gunung Jati) yang menggantikan tahta dari Sunan Gunung Jati pada tahun 1506.

10. Kasultanan Kacirebonan Cirebon

Keraton Kacirebonan berlokasi di wilayah kelurahan Pulasaren Kecamatan Pekalipan, tepatnya 1 kilometer sebelah barat daya dari Keraton Kasepuhan. Keraton ini dibangun pada tahun 1800 M.

11. Keraton Surosowan

Keraton Surosowan adalah sebuah keraton di Banten, Jawa Barat. Sejarah keraton ini dibangun sekitar tahun 1522-1526 pada masa pemerintahan Maulana Hasanuddin, yang kemudian dikenal sebagai pendiri dari Kesultanan Banten. (*)

Disarikan dari beberapa sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
Translate »