18/06/2021

BELAJAR TOP

Semua Bisa Ngetop

Provinsi Jambi Kaya Akan Tarian Tradisional

Tari Inai

BELAJARTOP.COM – Provinsi Jambi adalah provinsi yang ada di Pulau Sumatera yang mayoritas dihuni oleh suku Melayu. Untuk itu, kebudayaan Melayu juga sangat lekat dalam kehidupan masyarakat Jambi seperti yang tertuang dalam beberapa tarian daerah Jambi.

Tari Inai

Tari inai adalah salah satu dari macam macam tarian daerah Jambi lebih tepatnya berasal dari Desa Teluk Majelis. Tarian ini merupakan seni pertunjukkan kombinasi seni musik dengan seni tari yang biasanya hanya dilakukan di rumah mempelai wanita namun tidak dilakukan di rumah mempelai pria.

Tari inai ini berfungsi sebagai ritual menjaga calon mempelai wanita dari gangguan supranatural manusia atau makhluk halus. Gerakan tarian ini terdiri dari gerakan pembuka, isi dan juga penutup. Gerakan tarian ini juga dikombinasikan antara gerakan hewan atau kejadian alam sehingga terlihat seperti gerakan silat.

Ketika dipertunjukkan, para penari mengenakan busana khas Melayu yakni baju gunting cina atau baju kecak musang. Bagian kepala ditutup dengan peci, celana panjang yang longgar, kain sarung atau songket di bagian pinggang atas lutut.

Tari Kubu

Ini merupakan tarian tradisional dari suku Kubu yakni suku di perbatasan antara Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan. Tarian biasanya dilakukan oleh 5 orang pria dan 5 orang wanita menggunakan pakaian masyarakat suku Kubu sehari hari.

Gerakan dari tarian daerah ini menggunakan gerakan tangan dan hentakan kaki. Pada bagian akhir tarian akan menggambarkan seseorang yang sedang terserang penyakit lalu diangkat dan didoakan dengan mantera.

Tari Nitih Mahligai

Tarian ini merupakan tari tradisional yang diadaptasi dari upacara adat masyarakat Kerinci yakni niti naik mahligai. Upcara tersebut dulu dilaksanakan ketika ingin memilih pemimpin di kerajaan Bukit Kaco, perbatasan Kerinci dengan Bungo.

Ketika ditampilkan, tarian nitih mahligai ini akan diiringi alat musik tradisional gendang dan lantunan nyahu sang pawang dan penari akan bergerak mengikuti dengan irama musik. (*)

Dikutip dari koleksi Surawan Dibyosudarmo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
Translate »